Senin, 09 Januari 2012

Teknologi Komputer Tahun 2011

Teknologi Komputer Tahun 2011 banyak diramaikan dengan komputer desktop, ultrabook, netbook, dan notebook. Namun, kebanyakan orang belum tau perbedaan diantara jenis teknologi tersebut. Dan hanya membeli untuk mengikuti trend. Saya akan menjelaskan tentang perbedaan mereka. Berikut ini penjelasannya.
1. Ultrabook merupakan komputer yang diadaptasi oleh teknologi tablet dan laptop dengan ciri tipis dan ringan. Teknologi dipasarkan oleh perusahaan intel dan sangat familiar dengan apple macbook air. Ultrabook dirilis bulan oktober 2011. Untuk ultrabook tidak terdapat tombol shutdown. Tapi, dapat mematikannya dengan menutup ultrabook. Untuk ultrabook pemakaian standarnya adalah bermain game kasual online, mengkonversi video HD ke perangkat alat mobile, mengedit video HD, menonton film HD, menonton film DVD, membuat musik, berbagi foto digital, rip musik, menjalankan tingkat lanjut secara bersamaan, menjalankan aplikasi office mendasar, dan surf internet. Berikut ini ciri - ciri fisik dari ultrabook.

  1. lebar kurang dari 20 mm
  2. berat 1,4 kg
  3. Daya lama baterai 5 sampai 8 jam
  4. Prosesor dari core i5 sampai core i7


2. Komputer desktop atau yang biasa dikenak dengan komputer pribadi (PC).  Awal mulanya Komputer meja kerja ini didesain untuk kalangan masyarakat dengan ciri flat dan bisa ditaruh di meja kerja. Karna waktu dulu komputer cuma diperuntukan untuk perusahaan. Komputer desktop lebih dikenal sejak steve jobs dari apple memasarkan pc pertama mereka. Untuk sekarang PC cuma bukan untuk keperluan kantor saja seperti membuat dokumen. Tapi, pengguna bisa mengolah pembuatan video high definition dan pembuatan musik. Serta, pengguna bisa bermain game dengan kualitas tertinggi. Namun, kekurangannya Komputer desktop tidak protable. dibandingkan dengan ultrabook, notebook, dan netbook. Melainkan bersifat stand alone. Perlu diperhatikan juga untuk melakukan aktifitas dengan membutuhkan kecepatan tinggi, komputer desktop harus mempunyai spesifikasi tinggi juga.


3. Notebook bisa dikatakan dengan laptop atau komputer jinjing. Notebook merupakan komputer yang kecil yang bersifat portable yang mempunyai berat kisaran dari 1 - 6 kg. Untuk ukuran layar dari notebook dari 10 sampai 17 inci. Laptop ini mempunyai konsep yang membuat orang dapat menulis, main game, dan sebagainya yang kinerja hampir sama  komputer desktop. Dengan konsep ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dari seseorang yang selama ini terhalang dengan masalah tempat dalam mengakses komputer. Selain itu, rancangan fitur perangkat keras (hardware) disamakan dengan komputer desktop. 
4. Kategori terakhir, yaitu netbook. Netbook hampir sama dengan konsep notebook yang merupakan komputer portable. Namun, konsep yang ditawarkan oleh produsen netbook adalah komputer portable yang dapat digunakan dalam mengakses internet yang mempunyai bentuk tipis dan ringan dibandingkan dari notebook.  Kita dapat mengingat tahun 2003 ke atas pengguna internet meningkat. Itu alasan produsen membuat komputer portable dengan mengutamakan fitur internet. Ukuran layar dari  5'' sampai 12 inci dan berat sekitar 1 kg. Namun, rancangan perangkat keras (hardware) netbook bukan untuk kegiatan dalam hal aktivitas yang memerlukan sumber daya yang besar sehingga netbook tidak bisa memutar film resolusi tinggi, main game 3D dan sebagainya. Dan pada akhirnya penjualan netbook di Indonesia mengalami penurunan untuk tahun 2011.


Demikian penjelasan dari keempat teknologi komputer yang ada di pasaran Indonesia tahun 2011. Dan juga saya yakin Anda dapat membedakan teknologi di atas setelah membaca artikel ini.


keyword:  notebook, komputasi desktop, ultrabook, netbook, perbedaan notebook dan netbook, pengertian notebook, pengertian netbook, pengertian ultrabook, teknologi tahun 2011, komputer, kinerja laptop, 

Referensi:

Sumber Gambar:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar