Minggu, 08 Januari 2012

Desktop Environment

Desktop Environment adalah sebuah aplikasi yang menyediakan lingkungan kerja bagi program untuk dapat di akses oleh user yang mengandung sistem GUI. Biasanya dekstop environment ini menyediakan ikon, jendela pengguna (window), bilah alat(toolbar), gadget dekstop, dan sebagainya. Dari semua fitur tersebut yang intinya untuk mempermudah user. 
Awal mulanya pengembang desktop environment ini adalah Xerox. Akan tetapi, Xerox gagal dalam pemasarannya dan harganya cukup tinggi. Namun, perusahaan Apple inc mampu mengembangkan dekstop enviromnent ini menjadi lebih bagus dan harganya terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Desktop Enviroment pertama ini digunakan di komputer pribadi (PC) Apple Lisa. 
Lambat laun semua pc dan laptop sudah menggunakan desktop enviroment. Untuk windows dan Mac desktop envirometnya tidak dapat diubah atau mengganti desktop enviroment lainnya. Contoh desktop enviroment windows adalah aero. Aero ini terdapat di sistem operasi windows 7. Untuk pengguna windows Xp tidak bisa menggunakan dekstop environment aero. Dan desktop environment windows xp adalah lunar.
Namun, untuk linux desktop enviroment banyak sekali. Dan user dapat menggantinya. desktop environment yang dapat di install di linux adalah kde, gnome, xfce, lxde, dan xpde. Tiap desktop environment ini mempunyai kekurangan dan kelebihan. kelabihan mengenai tampilan atau pengaturan organisasi ikon. Bahkan, pengembang desktop environment membangun konsep yang hemat dalam pemakai dalam hard disk dan memori. Termasuk juga dalam energi. Selain itu juga, pengembang membuat desktop enviroment hampir mirip dengan deskstop environmetn yang dipakai di windows.
Mungkin seperti itulah pengertian desktop environment dan perkembangannya, serta desktop environmet di linux atau windows. Namun, di linux dekstop environmet masih banyak. Tapi, di atas merupakan desktop environment yang sering digunakan oleh user.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_meja

keyword: desktop environment, lingkungan meja, xerox, lunar, aero, kde, gnome, sejarah desktop environment, perbandingan desktop environment linux dan windows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar