Minggu, 18 Maret 2012

Lapisan Kedua OSI (Data Link)


Teknologi komunikasi terus berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan teknologi komunikasi ini lebih mengfokuskan kecepatan transfer data. untuk menaikan kualitas transfer dan menimiliskan kerusakan/kehilangan data, maka dibuat sebuah model teknologi yang disebut Model OSI. Model osi merupakan kumpulan protokol yang mengatur dalam transfer data di sebuah jaringan. Salah satu protokol adalah data link. Data link terletak pada lapisan dua di model OSI.
Data link merupakan sebuah lapisan kedua dari bawah ke dalam yang sebagai media pengontrol data yang membentuk frame dari bit mentah hasil proses lapisan fisik yang akan digunakan pada lapisan atasnya dan begitu sebaliknya mengubah dari frame menjadi bit mentah untuk diproses oleh lapisan fisik.
Frame merupakan sebuah blok dari sekumpulan bit terdiri dari bit start, data bit, parity bit, dan stop bit. proses di dalam data link sebagai berikut
      • konfigurasi jalur
      • flow ontrol
      • error control
      • protokol data link kontrol
  1. Konfigurasi jalur

     konfigurasi jalur ini berfungsi untuk dapat mengidentifikasi awal dan akhir tiap frame . tiga karakteristik pembeda pada konfigurasi jalur dapat dilihat dari topologi fisik, duplexity, dan line discipline (rancangan tata tertib)

   2.  Flow Kontrol
suatu teknik untuk memastikan / meyakinkan bahwa suatu stasiun transmisi tidak menumpuk data pada suatu stasiun penerima. tanpa flow control, buffer dari receiver akan penuh sementara sedang memproses data lama. karena ketika data diterima, harus dilaksanakan sejumlah proses sebelum buffer dapat dikosongkan dan siap menerima banyak data.

3. Error Kontrol
 berfungsi untuk mendeteksi dan memperbaiki error-error yang terjadi dalam transmisi frame-frame. ada dua tipe error yang mungkin :
frame hilang : suatu frame gagal mencapai sisi yang lain
frame rusak : suatu frame tiba tetapi beberapa bit-bit-nya error. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar