Minggu, 18 Maret 2012

Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya


Definis Resource
Pembuatan sebuah sistem memiliki tujuan untuk memaksimalkan resource yang ada. Sebuah aktifitas dari program aplikasi pasti membutuhkan resource. Resource atau sumber daya merupakan semua perangkat keras atau sebuah virtual sistem yang terhubung ke sebuah sistem. Untuk sistem komputer memiliki beberapa resource seperti printer, memori, hard disk dan sebagainya. Resource yang tadi merupakan resource yang berupa perangkat keras. Untuk vitual sistem bentuk sumber daya(resource) berupa waktu cpu, file atau berupa koneksi jaringan.
Seperti kita ketahui bahwa resource bisa dikategorikan perangkat keras atau virtual sistem. Berikut penjelasan dari contoh resource atau sumber daya baik berupa perangkat keras dan virtual sistem.
  • CPU time adalah sejumlah waktu yang digunakan oleg central processing unit (cpu) dalam memproses sebuah intruksi dalam program komputer. Waktu cpu ini sering diukur dalam satuan detik. Dan biasanya juga waktu cpu menjadi tolak ukur dari presantase kapsitas cpu dalam waktu tertentu di lingkungan multi tasking. 
  • Memori merupakan tempat penyimpanan data. Memori yang digunakan biasa berupa RAM. RAM singkatan dari Random Access Memory. Memori ini berupa stick yang dapat dihapus dan ditulis kembali datanya. Namun, ketika memori ini kehilangan sumber daya, maka data yang ada di dalam memori ini akan hilang. Salah satu RAM yang dipakai pada saat ini, yaitu DDRAM. Selain itu, memori sekarang sudah punya bentuk logis(logical) yang disebut virtual memori. Virtual memori merupakan sebuah teknik manajemen memori yang dibangun untuk sistem yang mempunyai fitur multi tasking. Teori umum virtual memori, hard disk atau flash disk dijadikan sebuah memori yang cara kerja mirip dengan RAM. Jaid, apabila memori RAM penuh dengan data/proses, maka data/proses yang masuk ke memori akan dialokasikan ke memori virtual ini alias di-swap. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
  •  Network throughput merupakan sebuah hubungan koneksi ke suatu jaringan. Sumber daya koneksi ini bisa berupa media kabel atau nirkabel. Sumber daya dilihat dari kecepatan data yang bisa yang dilakukan oleh sebuah komputer untuk mentransfer data ke komputer lainnya atau sebaliknya sebuah komputer yang membutuhkan data dari komputer lainnya.
  • Hard disk space. Hard disk adalah sebuah tempat penyimpan data yang mempunyai kapasitas cukup besar. Hard disk juga bisa digunakan sebagai virtual memori seperti keterangan sebelumnya. 
  • Electrical Power (listrik), sebuah energi listrik untuk mengaktifkan komponen yang ada elektronika di komputer. Listrik akan diatur penggunaannya. Untuk secara perangkat lunak yang berperan disini adalah sistem opersinya.
  • periperal Input/Output. periperal Input adalah sebuah alat untuk memberi masukan ke sebuah komputer, baik berupa suara, gerakan, sentuhan dan sebagainya. Contoh periperal input seperti mouse, keyboard, mikrophone, light pen, dan masih banyak lagi.Sedangkan periperal output adalah sebuah alat sebagai media keluaran dari hasil proses komputer. Contoh output seperti speaker, printer, monitor dan sebagainya.

 Teori Resource Sharing
Dalam sebuah sistem mempunyai fitur mukti tasking seperti real time system terdapat masalah terhadap resource(sumber daya). Seperti kita ketahui bahwa setiap komputer atau jaringan memiliki resource terbatas. Sedangkan sistem real time system menitiberatkan ketepatan waktu dalam memproses setiap respon dari pengguna. Dan setiap proses tersebut pasti memiliki kesamaan sumber daya.
Untuk itulah diperlukan sebuah kegiatan berbagi resource bersama yang lebih kenal dengan istilah resource sharing. Dalam resource sharing memungkin dua buah proses atau lebih dapat menggunakan data atau perangkat keras (hardware) secara simultan. Sedangkan, di jaringan memungkinkan dua buah komputer atau lebih dapat menggunakan data atau perangkat keras (hardware) dalam sebuah jaringan kerja komputer. Namun, sistem operasi yang khususnya sistem waktu nyata untuk dapat melakukan resource sharing terdapat beberapa cara. 

keyword: definisi resource sharing, definisi sumber daya berbagi, contoh resource sharing, teori resource sharing,


1 komentar: